Pengertian Laptop/Notebook Dan Fungsingya

"Laptop merupakan Perangkat Komputer jinjing yang memiliki fungsi sama persis dengan Komputer Desktop/ PC Desktop. Laptop atau Notebook memiliki design yang khusus dimana bisa dibawa kemana saja atau bersifat Portable. Kekhususan pada laptop memiliki design yang relatif kecil bila dibandingkan dengan Desktop Komputer." 

Laptop sampai saat ini merupakan perangkat elektronik yang paling banyak diminati ketimbang Komputer. Pada umumnya laptop berukurn 14-16' dengan berat rata-rata berkisar antara 2-5 Kg sehingga mudah dibawa kemana-mana. Penggunaan Laptop lebih praktis dan ringkas daripada komputer PC, ini mengapa Laptop disebut sebagai komputer jinjing.
 
Pengguna laptop sekarang sudah sangat umum, baik pelajar, mahasiswa, pengguna internet online, dan laptop bukan barang yang mewah lagi.

Semakin majunya teknologi, laptop sekarang dikembangkan oleh masing-masing pemegang Merk/Brand dengan berbagai macam feature. Perubahan design tahun demi tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat, Baik dari segi design dan kecepatan pada laptop.

Disamping Pengembangan design yang lebih menarik serta penambahan fitur-fitur yang lengkap pada saat ini, Laptop juga dijual dengan harga relatif murah dan bisa menyesuaikan budget pengguna. Hal ini bisa dijadikan alternatif pengguna untuk memiliki perangkat elektronik laptop dengan harga yang relatif terjangkau.

Laptop berbeda halnya dengan Desktop komputer. Pada laptop memiliki design yang bersifat portable dan mudah dibawa kemana-mana. Laptop atau komputer jinjing memiliki perangkat yang serba kecil, baik ukurang maupun berat massa. Laptop memiliki daya simpan yang bisa dioperasikan tanpa menggunakan
arus listrik karena memiliki daya simpan melalui batrai. Hal inilah yang menjadikan Laptop sedikit labih mahal dibandingkan Desktop Komputer.

Beberapa Komponen Laptop dan Fungsinya :

1. Motherboard
Motherboard merupakan papan sebagai penghubung dari kompunen/Hardware satu ke komponen lainya. Sistem kerja Motherboard sebagai penghubung informasi digital yang diinstal menggunakan perangkat lunak. Papan Motherboard Laptop terdiri dari berbagai komponen penting yang memiliki fungsi kerja sendiri-sendiri seperti South Bridre, North Bridge, Bios dan lain-lain

Sistem kerja Motherboard komputer tidak ada bedanya dengan motherboard pada Computer Desktop. Yang membedakan dari motherboard komputer dengan motherboard laptop ada pada bentuk dan ukuranya yang lebih kecil.

2. Processor
Fungsi Processor Sebagai Otak pada laptop. Processor bisa membaca secara keseluruhan dari semua isi melalui perangkat lunak maupun aplikasi yang dinstal. Ibarat manusia, Processor merupakan otaknya

3. RAM/SODIM
Ram Komputer dan laptop secara fungsi sama persis, yang membedakanya hanya masalah ukuran yang lebih kecil.

4. DVD ROM
Tidak seperti Komputer yang memiliki DVD yang bersifat optiona. Pada Laptop DVD ROOM sudah ada dari pabrik langsung melalui proses perakitan. Fungsi DVD sebagai alat baca, copy data dan transfer data digital. Baik itu data image, file, video dan lainya

5. Hardisk Drive / Hard Drive /HDD
Fungsi keseluruhan baik HDD komputer maupun HDD laptop sama persis. Ukuran HDD laptop menggunakan 2,5', sedangkan HDD pada Komputer menggunakan ukuran 3,2'. Adapun kapasitas HDD laptop tergantung dari type Laptop dari masing-masing merk.

6. Wireless Brodcom / Nir Cable
Laptop keluaran tahun 2010 keatas rata-rata memiliki Wireless Lan. Fungsi dari wireless adalah sebagai penghubung akses data dari system satu ke system lainya tanpa menggunakan kabel. Wireless/ Nir Cable lebih populer dengan nama Wifi. Wifi sering kita jumpai pada tempat-tempat seperti kampus, hotel, cafe, alun-alun dan lain-lain.

7. LCD/LED
LCD merupakan akronim dari Liquid Cristal Display. LCD berfungsi sebagai visual simana kita bisa meliha langsung pekerjaan kita melalui program yang kita jalankan.

8. Battery

Baik laptop maupun laptop mini yang berukuran 10' memiliki battery yang bisa menyimpan arus listrik. Battery memiliki kemampuan simpan yang berbeda-beda, dalam hal ini disebut sebagai Cell Battery. Rata-rata Cell Battery pada laptop menggunakan 6 Cell yang mampu menyimpan daya sampai 2-3 jam pemakaian laptop standard.

Pada Mini Netbook yang berukuran 10' biasanya menggunakan battery 3 atau 6 cell tergantung dari type Mini Laptop. Pada Battery 3 cell mampu menghasilkan daya kurang lebih 3 jam non stop pemakaian dan 5-6 jam pada battery 6 cell.

9. Carger
Carger kalo dalam bahasa yang lebih mudah disebut Cas. Carger pada laptop maupun mini laptop berfungsi sebadai penyuplai daya dari tegangan AC menjadi DC. Carger sendiri memiliki fungsi yang sangat penting yaitu penyuplai arus cadangan pada battery laptop.

10. Camera
Hampir semua produk laptop sekarang dilemgkapi dengan kamera. Fungsi kamera sebagai personal Screen Shoot. Kamera pada laptop umumnya berukuran 1,3MP-3MP tergantung dari type laptop. Kemampuan daya tangkap kamera laptop tidak sebagus Kamera pocket.

11. Bluetooth
Tidak seperti perangkat lain, Bluetooth fungsi guna seperti camera, yaitu tidak begitu urgen seperti perangkat inti lainya. Fungsi utama Bluetooth adalah sebagai tfansfer data digital yang dikirim dari perangkat lain melalui media Bluetooth.
 
 
 
 

1 Response to "Pengertian Laptop/Notebook Dan Fungsingya"