Pengertian Topologi Jaringan


Jenis-jenis topologi jaringan komputer serta beberapa macam perbedaannya yang mungkin belum semua dapat diketahui. Salah satu topologi yang banyak digunakan saat ini adalah topologi BUS, pengertian topologi bus adalah salah satu jenis jaringan komputer yang menggunakan terminator pada kedua ujung jaringan tersebut. Topologi BUS banyak digunakan pada sistem jaringan client/ server yaitu satu komputer digunakan sebagai pendistribusi data atau server sedangkan yang lainnya adalah sebagai client.

Kelebihan topologi BUS dalah ketika satu client atau satu workstation mau dikembangkan maka tidak akan memberikan dampak apapun pada client yang lain. Sedangkan kelemahan atau kekurangan topologi bus yaitu rentan akan kerusakan apabila terjadi gangguan pada kabel pusat. Ketika jaringan kabel pusat mengalami kerusakan, otomatis semua unit akan ikut rusak.

Sebenarnya selain topologi BUS masih ada beberapa jenis-jenis topologi jaringan yang memiliki karakteristik berbeda-beda, diantaranya seperti topologi star, topologi ring, topologi linier.

Apakah yang dimaksud topologi jaringan? Mungkin kalian sering mendengar istilah tersebut, nah berikut ini sedikit pembahasan tentang pengertian topologi jaringan yang mungkin dapat membantu mengingat kembali tentang pelajaran komputer jaringan.

Definisi topologi jaringan adalah suatu sistem hubungan atau arsitektur di dalam komputer jaringan, yaitu suatu metode penyusunan komputer yang mana memungkinkan suatu komputer dapat terhubungan antara komputer satu dengan yang lain.

Secara umum, topologi jaringan dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu: topologi bus, topologi star, dan topologi ring.

1. Topologi bus, jaringan komputer yang menggunakan topologi bus sering disebut juga dengan istilah linier bus, hal ini dikarenakan linier bus hanya menggunakan satu kabel linier sebagai media penghubung. Jenis kabel yang sering digunakan dalam topologi bus adalah kabel koaksial dengan tambahan terminator di kedua ujungnya.

2. Topologi star, topologi star atau topologi bintang menggunakan concentrator atau hub sebagai media penghubung antarnode-nya. Pada tiap-tiap node diberikan kabel yang menghubungkanya dengan hub.

3. Topologi ring, dalam topologi ring, pada tiap-tiap node akan saling berhubungan dengan node yang lainnya sehingga membentuk semacam ring atau lingkaran.


Itulah sedikit ulasan tentang topologi jaringan komputer, untuk gambr-gambar pada tiap jenis topologi belum dapat di upload untuk saat ini.