Cara Upgrade Bios Sesuai Dengan Jenis Motherboard

BIOS merupakan fireware penting yang berfungsi sebagai pengatur/ setting komputer sebelum booating. Atau kita bisa setting beberapa fungsi kerja komputer melalui setting BIOS.
 
 
 


Perlu kita ketaahui terlebih dahulu beberapa jenis bios menurut merk motherboard tersebut. hal ini bisa kita ketahui dengan cara membongkar casing komputer dan mengetahui merk dan type motherboard. Kita bisa mengetahui dari jenis motherboard tentang support bios yang akan kita upgrade nantinya.

1.BIOS Analyze

Analisa BIOS terlebih dahulu harus kita lakukan sebelum upgrade. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sangat mungkin terjadi. Baik merk, type dan jenis motherboard berbeda-beda sesuai dengan vendor nya masing-masing. Pada artikel sebelumnya telah diuraikan tentang macam-macam BIOS, yang diantaranya sebagai berikut :

a. Award Software
b. Award Bios
c. Award Modular Bios
d. Award Medallion Bios
e. Phoenic Technologies
f. Phoenic Bios
g. Gabung Dengan Award menghasilkan Phoenic-Award Bios
h. American Megatrends Incorporated (AMI)
i. Ami Bios
j. Ami WinBios k. Microid Research

2. Download Upgrade BIOS

Untuk mendapatkan file.exe BIOS yang akan kamu upgrade, terlebih dahulu anda harus mndownloard bios dari masing-masing vendor berdasarkan type motherboard yang anda pakai. BIOS yang paling banyak digunakan yaitu AMI BIOS dan Phoenix Award

Untuk Meng Upgrade BIOS, anda bisa kunjungi tautan dibawah ini sesuai dengan Merk Motherboard

Download BIOS ASUS Motherboard ,
Download BIOS ECS Motherboard,
Download BIOS GIGABYTE Motherboard, Untuk panduan disini
Download BIOS Micro Star International (MSI) Motherboard
Download BIOS Intel Motherboard
Download BIOSBiostar Motherboard 
 
3.Tahapan Cara Upgrade BIOS
Setelah selesai mendownload BIOS berdasarkan jenis dan seri motherboardnya, langkah selanjutnya anda melakukan proses instalasi.


Tutup semua program yang anda jalankan, hal ini menghindari crash memori pada saat eksekusi file BIOS
Jalankan file .exe bios yang baru selesai download, tunggu sampai proses selesai
Jika ada notifikasi Restart komputer, Klik Restart. Atau jika komputer restart dengan sendirinya, berarti Upgrade BIOS sedang berproses. Dalam tahap ini disarankan untuk menggunakan UPS untuk antisipasi terjadinya mati lampu. Jika yang anda Upgrade adalah BIOS Laptop, pasang baterai laptop. Proses ini akan sedikit lama, sebelum upgrade berhasil layar pada monitor akan blank hingga upgrade BIOS selesai.

Hal-hal yang menyebabkan gagal Upgrade BIOS

Mati Lampu atau restart sebelum proses BIOS selesai
Salah Software, BIOS tidak sesuai dengan tipe motherboard Jika anda baru saja mengerti ilmu komputer, teknik upgrade bios seperti diatas sebaiknya minta sama yang lebih ahlinya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan Upgrade BIOS. Jika gagal, komputer mungkin saja tidak bisa boating sama sekali. Jika anda mau mencoba-coba, gunakan motherboard yang kiranya sdh tidak terpakai atau gunakan motherboard P4 seri lama.
 
Demikianlah penjelasan di atas semoga para pembaca paham dan terimakasih banyak atas kunjungannya,jangan lupa berikan 1 buah komentar untuk artikel ini. terimakasih banyak.