Cara Mengembalikan Data Komputer Yang Hilang Akibat Virus

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips dan trik cara mengembalikankan data komputer yang hilang akibat termakan oleh virus komputer maupun virus laptop yang asal-usulnya tidak kita ketahui. Data merupakan aset terpenting pada komputer, data adalah raja, data adalah aset, data adalah sesuatu. Pernah mengalami kehilangan data akibat kesalahan kita atau kesalahan orang lain? tentu pernah dan bagaimana rasanya jika data itu adalah masa depan kita?



Jika anda belum mengetahui seluk beluk dan sistem kerja komputer saya sarankan jangan bermain-main dengan data. Maksudnya anda jangan terlalu mudah menghapus atau cut atau memindahkan data ke perangkat lain. Biarkan saja data itu ada dan jika ingin menghilangkan atau memformat semua data tapi ada sebagian data yang ingin diselamatkan, mintalah bantuan dengan yang ahlinya dan tentu telah berpengalaman dalam hal ini.

Lalu, bagai mana cara anda menyelamatkan data pada laptop yang tidak bisa menyala atau mati? Tentu ini lebih rumit dan anda harus membongkar sebagian casing laptop agar data bisa diselamatkan. Sama halnya pada komputer, tentu kita harus membuka casing dan mengambil hardisk.

  • Bongkar casing laptop atau komputer, kemudian ambil hardisk
  • pasang hardisk dengan cara mempararel hardisk ke komputer yang masih menyala. 
  • Jika hardisk IDE untuk komputer,bisa menggunakan hardisk case SATA atau IDE untuk hardisk laptop 2,5'.Bisa juga menggunakan Konektor SATA konektor to USB. 
  • Jika hardisk masih oke dan konektor juga oke akan terbaca pada sistem operasi. 
Demikianlah artikel tips dan trik ini saya buat jika ada hal yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini,jangan panik dan tetap semangat jika salah satu data terpenting anda hilang.terimakasih.